Pengertian Lari Maraton

Selasa, 09 September 2014

Pengertian Lari Maraton

Maraton adalah cabang atletik yaitu lari jarak jauh sepanjang 42,195 meter (26 mil dan 385 yard).
Marathon merupakan cabang atletik tertua dalam sejarah Olimpiade kuno. Acara marathon dimulai pada tahun 490 SM, ketika seorang prajurit Yunani berlari membawa berita kemenangan dari peperangan Marathon ke Athena, yang mana jaraknya sejauh 26 mil, yaitu bersamaan 41.8 kilometer.

Ketika Olimpiade modern dimulai di Athena pada tahun 1896, marathon adalah acara paling ditunggu-tunggu oleh peserta dan para penggemarnya. Sebanyak 17 orang atlet telah mengambil bagian dalam acara tersebut .Acara ini telah dimenangkan oleh seorang penggembala setempat bernama Spiridin Louis, yang dihadiahi sebutir medali dan seekor kuda, dan sebuah kereta kuda untuk desanya. Acara ini telah dimenangkan oleh berbagai bangsa di dunia, serta memicu kisah yang menarik. Misalnya, di Olimpiade London pada tahun 1908, peserta Italia Dorando Pietri tiba di stadion dalam kondisi terhuyung-huyung dan terpaksa dipapah ke garis finish. Kemenangan tersebut dinyatakan sebagai tidak sah karena ia dibantu oleh orang lain.Untuk pengetahuan pengguna semua, acara marathon adalah acara yang biasanya dilakukan pada hari terakhir suatu turnamen olahraga tingkat Asia dan Olimpiade.

Sejak itu, acara marathon menjadi semakin populer. Dalam kompetisi Olimpiade 1908, perlombaan acara marathon telah dimulai dari White City, di bagian barat kota London. Jarak larinya sejauh 26 mil 385 yard (42.2 km).Semenjak itu, jarak ini telah diakui sebagai jarak resmi olahraga marathon. Saat ini, perlombaan acara marathon telah dimulai dari stadion. Peserta yang berpartisipasi akan berlari di sekitar kota yang menjadi tuan rumah Olimpiade, dan akan berakhir di stadion tersebut.

2 komentar

muhamad amril mengatakan...

untuk para pecinta lari di http://www.sukaoutdoor.com ada banyak variant perlengkapan lari lho

2 September 2015 pukul 20.16
muhamad amril mengatakan...

Ayooo ke sukaoutdoor.com !!!!
DISANA BANYAK PERLENGKAPAN UNTUK LARI, SEPEDA, RENANG, DAN TRIATHLON !!!
MULAI DARI BAJU, CELANA, KACAMATA, SEPATU DAN MASIIIIH BANYAK LAGIII !!!
SUKAOUTDOOR.COM MENYEDIAKAN PERLENGKAPAN OLAHRAGA MULAI DARI YANG PEMULA HINGGA YANG EXPERT SEMUANYA ADA DI SUKAOUTDOOR.COM !!
SO, TUNGGU APA LAGI !! LANGSUNG SERBUUUU SUKAOUTDOOR.COM !!! DIJAMIN PRODUK YANG DI JUAL BERKUALITAS LHOO !!!
LANGSUNG KUNJUNGI WEBSITENYA SUKAOUTDOOR.COM !!!

STAY HAPPY, STAY FIT !!!

6 November 2015 pukul 21.55

Posting Komentar